Bacaan di Tahun 2015

Pertama-tama, saya ucapkan… Selamat natal bagi yang merayakan!

Di tahun 2015, saya berhasil membaca 23 buku. Tapi karena beberapa termasuk komik dalam 1 seri, setelah digabung-gabung jadinya 20 buku. Saya mendata buku-buku yang saya baca via Goodreads, dan sebenarnya target saya hanya membaca 12 buku. Ternyata jadi jauh melebihi ekspektasi.

5 Buku Favorit

Di sini saya ceritakan kesan saya tentang buku tersebut. Kalau mau tahu buku tersebut sebenarnya tentang apa, silahkan klik judul bukunya. Langsung saja, secara tidak berurutan…

Narcissus dan Goldmund (Hermann Hesse, terj.)1. Narcissus dan Goldmund (Hermann Hesse, terj.)

Buku ini membuat saya makin jatuh cinta sama Hermann Hesse, pemenang Nobel sastra tahun 1946. Ini adalah buku kedua Hesse yang saya baca setelah Siddhartha. Bahasanya yang indah, gagasan-gagasan mendalam yang disampaikannya langsung membuat saya merasa seolah si om yang sudah wafat ini mengerti hati saya. Mungkin karena dia banyak bicara soal seni di buku ini. Sayang sekali, terjemahan dari penerbit BACA sangat amat berantakan. Banyak typo dan kalimat-kalimat yang diterjemahkan secara literal. Di akhir-akhir, karena nggak tahan, saya sampai membuka e-book yang bahasa Inggris. Tapi tetap saja, menurut saya, ini sebuah mahakarya.

anak2 masa lalu2. Anak-Anak Masa Lalu (Damhuri Muhammad)

Ini dia pilihan saya untuk sastra Indonesia, sebuah kumpulan cerpen yang terinspirasi dari masa kecil penulis di kampung halamannya. Bahasanya menarik, ceritanya tidak klise, tokoh-tokohnya simpatik, epilognya bikin baper. Resensi saya selengkapnya bisa dibaca di sini.

3. Vinland Saga (Makoto Yukimura)

Vinland Saga (Makoto Yukimura)Eits, jangan salah. Just because it’s a comic book doesn’t mean it lacks the emotional depth one can get from a novel. Serius deh. Saya udah lamaaa banget nggak baca komik karena takut kecewa. Tapi komik yang satu ini benar-benar membuat saya takjub akan storytelling yang bisa dibawa melalui media gambar dan tulisan. Di komik ini, latar kehidupan para viking di abad 10-12 digambarkan dengan begitu detil dan apik. Action-nya seru. Tokoh-tokohnya kompleks dan ceritanya (yang terinspirasi dari sejarah) membuat saya tidak bisa berpikir jernih selama beberapa hari setelah membaca. Serial ini belum tamat sampai sekarang, tapi belum terlambat kok untuk mulai membaca.

4. Sadar Penuh Hadir Utuh (Adjie Silarus)Sadar Penuh Hadir Utuh_20150322113340

I don’t always read a self-help book, but when I do, I make sure it’s good, hahaha! Buku ini iseng saya beli karena lagi diskon, kebetulan pernah lihat ada teman yang baca. Ternyata, eh ternyata, buku ini bagus banget… sangat berkesan lah. Mungkin karena saya membacanya di momen yang tepat, yakni ketika jiwa saya sedang terombang-ambing saya banyak mengalami masalah kehidupan dan bingung harus bagaimana. Buku ini mengajarkan konsep mindfulness, bagaimana menghadirkan diri pada momen sekarang ini agar kita bisa, yah, bahagia. Terdengar klise, tapi pembawaan buku ini santai, enak dibaca, dan membuat kita berpikir, jadi saya sangat suka.

5. Milk and Honey (Rupi Kaur)rupi

Tahun ini saya mencoba membaca puisi, khususnya puisi berbahasa Inggris, karena entah kenapa lebih mudah saja mencerna bahasa Inggris di otak. Di luar dugaan, saya sangat menikmati membaca puisi, meski terkadang rasanya saya harus berusaha melindungi diri dulu agar tidak terlalu terbawa suasana. Puisi-puisi di buku ini cukup sedih dan bikin miris–tentang cinta, kehilangan, kekerasan, tapi juga semangat untuk bangkit.

Rencana Tahun Depan

Kalau bisa baca lebih banyak dari tahun ini, kenapa tidak? Hehe… tapi saya tidak yakin bisa, berhubung tahun depan akan mulai masuk ke stase klinik. Mungkin akan lebih banyak bercerita daripada membaca cerita orang. Tapi di sela-sela itu, saya ingin membaca lebih banyak puisi dan buku anak-anak (children’s fiction/young adult) atau novel grafis yang gambarnya bagus. Saya capek baca sastra, hahaha. Heran, padahal dulu paling suka kalau baca sastra.

Buku apa saja yang teman-teman baca tahun ini? Mungkin bisa di-share di bagian Komentar maupun blog sendiri. 🙂

Tinggalkan komentar

