Percakapan dalam Jazz

Sehubungan dengan berita musisi jazz jenius dari Indonesia yang mendapat nominasi Grammy, belakangan ini saya jadi sering mendengarkan musik jazz. Sebagai orang yang pernah mempelajari musik (klasik), saya sering terkesima dengan pemain musik jazz.

Bayangkan saja: suatu hari kau datang ke sebuah jam session, menonton pemain contrabass, piano, dan drum berkolaborasi. Bersama-sama, mereka menciptakan musik dengan spontan begitu saja, seolah berkumpul di panggung tanpa persiapan sama sekali. Tidak ada partitur untuk memandu setiap pemain. Tapi improvisasi mereka tetap hadir secara padu, baik dalam ketukan maupun kunci. Mereka berbincang dan tertawa dalam nada-nada yang disampaikan instrumen masing-masing.

Sebagai penonton, kau hanya bisa menikmati bunyi-bunyi mereka yang cantik. Kita bisa menangkap satu-dua sindiran maupun rayuan di dalam musik itu, tapi apa yang dikatakannya persis, kau tidak tahu. Kemudian kau pulang, mengunjungi mereka pada jam session berikutnya beberapa hari kemudian, dan mendapati mereka mengutarakan hal-hal yang sama–kau tahu, karena kau bisa merasakannya–tapi dengan cara yang berbeda. Mereka memainkan motif pada penampilan sebelumnya dengan dekorasi yang mirip, tapi tidak sama. Wajar kalau tidak sama, karena seperti halnya percakapan, sulit sekali mengulang kata-kata yang sama dua kali, meski yang ingin kau sampaikan adalah hal yang sama. Kita tak pernah mengingat setiap kata yang kita ucapkan, tapi kita tentu ingat isi pikiran kita.

Melihat sekumpulan orang bermain jazz rasanya seperti melihat kawan-kawan lama yang bertemu kembali, lalu saling sahut-menyahut dalam bahasa unik mereka: bahasa musik. Ah, andai bermain musik memang semudah berbicara!

Advertisements

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s